Latest News

10 Ide Kreatif Seputar Dapur

10IdeKreatifSeputarDapur 300x212 10 Ide Kreatif Seputar Dapur

Dapur adalah area yang sangat penting dalam sebuah rumah. Meskipun biasanya terletak pada bagian paling belakang rumah, dapur WAJIB ada di setiap rumah. Nah, karena banyaknya aktivitas memasak yang dilakukan di dapur, seringkali dapur terlihat lebih kotor dibandingkan ruangan lain di dalam rumah. Agar dapur Anda selalu terlihat CANTIK, berikut 10 Ide Kreatif Seputar Dapur :

1. Agar Dapur Kembali Segar. Untuk menghilangkan bau amis atau aroma tak sedap yang tertinggal di dapur setelah kita memasak, cobalah tip berikut. Rebuslah kurang lebih 100 ml air dengan 1 sdm cuka. Uap air cuka yang mendidih tersebut akan membuat udara di dapur Anda bersih dan segar kembali, tanpa bantuan pewangi ruangan.

2. Agar Wastafel Aluminium Kinclong. Wastafel aluminium sering terlihat tidak bersih karena adanya kerak-kerak putih yang menempel dari sisa-sisa mencuci perkakas dapur. Untuk menghilangkannya, caranya adalah : Larutkan 2 sdm soda kue dengan air perasan jeruk nipis 1/2 gelas. Siramkan pada wastafel dan diamkan beberapa menit. setelah itu gosok dengan busa sampai bersih. bilas dengan air, lalu keringkan.

3. Menghilangkan Noda Minyak dan Lemak pada Kompor. Setelah memasak, seringkali kompor terlihat kotor dan berminyak, untuk membersihkannya sangat mudah. Caranya, ambil lap yang sudah dibasahi dengan minyak tanah, lap kompor Anda lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, lap kembali kompor Anda dengan menggunakan kain lap baru yang kering. Kompor akan terlihat bersih dan mengkilap. Tapi ingat, jangan membasahi kain lap dengan air karena akan menyebabkan permukaan kompor menjadi kusam.

4. Mengatasi Sink Mampet. Bila sink wastafel dapur tempat Anda mencuci piring mampet, cobalah masukkan secangkir penuh garam dan bicarbonat soda ke dalam mulut saluran pipa sink, lalu siram dengan secerek air panas yang baru mendidih. Dijamin lemak-lemak penyumbat akan larut dan sink Anda tidak mampet lagi.

5. Membersihkan Alat Makan Plastik. Dibalik keunggulan plastik yang anti pecah, alat makan plastik sulit untuk dibersihkan. Tapi jangan khawatir, untuk membersihkannya Anda cukup gunakan baking soda. Caranya, campurkan sedikit baking soda dengan air, lalu rendam alat makan plastik tersebut di dalam larutan tadi. Setelah 10 menit, bilas dan cuci lagi dengan sabun seperti biasa.

6. Karat Lenyap Seketika. Untuk menghilangkan karat pada alat-alat dapur, caranya : rendam alat-alat dapur dalam minyak tanah atau terpentin selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, gosok dengan sabut kelapa sambil dibubuhi abu gosok. Setelah karat hilang, cuci kembali dengan sabun sampai bau minyak tanah benar-benar hilang.

7. Menghilangkan Gosong. Alat-alat masak yang digunakan untuk memasak karamel atau berbagai makanan yang lengket seringkali gosong di bagian dalamnya. Untuk membersihkannya, gunakan citrun. Masak air yang telah diberi citrun dengan alat dapur yang gosong. Setelah air masak, matikan api dan angkat segera alat masaknya. Setelah itu, cuci alat masak tersebut dengan sabun seperti biasa. Niscaya kerak akan mengelupas dan alat masak bersih kembali.

8. Menghilangkan Karat pada Kompor Gas. Tempat nyala api (burner) kompor gas yang terbuat dari tembaga atau kuningan mudah menjadi hitam dan karatan. Untuk membersihkannya caranya adalah : larutkan 1 sdm asam sitrat ke dalam 1 gelas air panas (100 cc), lalu rendam burner di dalam larutan itu selama 2-4 jam. Sikat hingga warna asli burner muncul lagi, lalu bilas dengan air bersih.

9. Membersihkan Cipratan Minyak. Sehabis menggoreng biasanya lantai dapur akan penuh dengan cipratan minyak sehingga menjadi licin. Untuk membersihkannya, ambil tepung terigu secukupnya, lalu taburkan pada bagian yang terkena cipratan minyak. Bersihkan dengan lap kering, jangan diberi air. Lantai pun akan bersih kembali dan bebas licin.

10. Semut pun Segera Kabur. seringkali lemari tempat kita menyimpan makanan dikerubungi semut. Pakai bahan kimia untuk mengusir semut, khawatir terkena makanan. Ada cara mudah untuk mengusir semut yang datang, yaitu dengan menaburkan bubuk vanila di sekitar tempat penyimpanan makanan. Dengan begitu semut pun akan menjauhi makanan kita dan lemari pun menjadi harum.

Demikian 10 Ide Kreatif Seputar Dapur, Selamat Mencoba!

Sumber