Latest News

6 Tips Membersihkan Rumah dari Para Pakar

6 Tips Membersihkan Rumah dari Para Pakar

Desain interior dan eksterior memang penting bagi rumah Anda. Namun, apalah arti rumah dengan desain menarik jika kebersihannya tidak dijaga? Kenyamanan jadi hilang begitu saja.

Bersih tidak sekadar meyapu dan mengepelnya setiap hari. Ada tips dan trik tertentu agar rumah Anda selalu bersih. Hal ini dimulai dari hal terkecil yang akhirnya menjadi rutinitas.

Dilansir dari situs Goodhousekeeping.com, berikut enam cara membersihkan rumah untuk Anda dari para pakarnya.

1. Buang Sampah Setiap Pagi
Terkadang Anda membuang sampah hanya saat tempat sampah penuh, terutama tempat sampah di kamar mandi atau kamar tidur yang jarang digunakan.

Nah, cobalah untuk mengganti kebiasaan tersebut dan mengikuti saran dari Livia Joyce dari A to Z Cleaning. Setiap pagi, buanglah sampah makananan sisa semalam. Plastik sampahnya pun langsung diikat dan dibuang ke tempat pembuangan di luar. Hal ini juga untuk menghindari bau busuk yang menyeruak di dalam rumah, terutama yang muncul dari makanan basi.

2. Bersihkan Wastafel Setelah Digunakan
Mungkin terlihat sepele, tetapi bagi Ashlee Edie, dari Handy, kebiasaan ini akan membuat wastafel Anda jauh lebih bersih. Seperti yang Anda tahu, bagian ini seringkali kotor dan berkarat. Wajar saja, odol dan sabun yang jatuh, serta sisa makeup, akan membuat wastafel memiliki noda kecokelatan dan berkarat.

Maka dari itu, pastikan wastafel selalu dalam keadaan bersih dan kering. Letakkan lap kering di dekat wastafel agar mudah membersihkannya.

3. Rajin Membersihkan Ketel
Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap pagi adalah menjerang air. Nah, dari situlah kuman dan bakteri bisa muncul.

Menurut, Diane Regalbuto, pemilik Betty Likes to Clean, sebuah toko pembersih di Amerika Serikat, pegangan pada ceret memuat bakteri paling banyak di rumah. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberihkan seluruh bagian ketel, terutama bagian luarnya.

4. Bersihkan Ruang yang Sering Digunakan
Bersihkan mulai teras, ruang tamu, hingga dapur. Tak hanya lantai, tetapi juga karpet dan keset. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau rajin menggantinya.

Menurut Jotham Hatch, direktur pelatihan nasional dari Chem-Dry, sebuah jasa pembersih keset dari AS, karpet dan keset ibarat sebuah penyaring yang menangkap kotoran dan pemicu alergi seperti debu agar tidak masuk ke ruangan.  Nah, untuk menjaga fungsinya tetap bekerja dengan baik, pastikan Anda rajin membersihkan dua benda tadi.

5. Peranti Elektronik
Di zaman sekarang, anggota keluarga seringkali terlihat memegang handphone, tablet, atau asyik mengganti saluran televisi dengan remote control.

Sama seperti pegangan ketel, benda-benda tersebut juga menjadi sumber bakteri. Ashlee Edi menyarankan untuk membersihkan alat elektronik tersebut setiap malam sebelum tidur dengan menggunakan tisu basah.

6. Gunakan Aturan Dua Menit
Emma Gordon dari Clutter menyarankan, jangan suka menunda untuk membersihkan sesuatu, terutama yang dapat dikerjakan dalam dua menit atau kurang. Misalnya saja membersihkan remote control, meletakkan gelas dan piring kotor ke tempat cucian, dan lainnya.

Jika Anda sering menunda, tak hanya pekerjaan rumah Anda bertambah banyak, tapi bakteri juga bakal muncul.

Sumber