Latest News

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Renovasi Rumah

merenovasi Rumah 
Renovasi rumah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh rumah yang lebih nyaman, baik mengikuti trend masa kini maupun disebabkan oleh suatu keharusan karena kondisi rumah yang sudah tidak layak lagi. Dalam merenovasi rumah, pada dasarnya biaya yang dikeluarkan relatif lebih besar dibandingkan membangun rumah sebelumnya, sebab proses renovasi dilakukan mulai dari membongkar sampai mendirikan bangunan kembali memerlukan waktu atau proses pelaksanaan yang lebih panjang. Oleh karena itu, untuk merenovasi rumah umumnya budget yang harus dipersiapkan harus lebih banyak ketimbang membangun rumah mulai dari nol. Berbicara mengenai renovasi rumah, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terlebih dahulu secara masak-masak, di antaranya:
Bagian rumah yang ingin direnovasi
Keinginan untuk merenovasi rumah tentu dilandasi dengan suatu tujuan, apakah ingin merenovasi rumah karena mengikuti gaya atau juga kondisi rumah yang memang harus direnovasi supaya dapat ditempati dengan nyaman, misalnya atap rumah bocor, lantai retak, dinding pudar & dipenuhi jamur, pintu rusak, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, salah satu aspek yang dilakukan adalah menentukan bagian rumah mana saja yang ingin direnovasi, apakah bagian depan, ruang tengah, belakang, atau bahkan seluruhnya. Dengan menentukan bagian-bagian rumah yang ingin direnovasi, hal ini dapat menjadi jalan bagi Anda untuk memperkirakan berapa besar biaya yang bakal dikeluarkan.
Desain atau konsep rumah yang diinginkan
Menentukan desain atau konsep rumah yang diinginkan pada dasarnya berkiatan erat dengan perenovasian rumah secara keseluruhan. Sebab, dengan merenovasi tentu dapat merubah konsep rumah, misal konsep rumah tadinya ialah lebih banyak menggunakan kayu dengan direnovasi dapat diubah menjadi konsep rumah kaca. Namun demikian, perubahan konsep memerlukan biaya untuk menyesuaikannya dengan furniture yang ada, pasti akan terlihat lucu bila konsep rumah kaca dilengkapi dengan furniture klasik. Untuk itu, meski perenovasian rumah dilandasi oleh keinginan mengikuti trend, akan tetapi tetap harus dipertimbangkan dengan perabotan yang bakal dibutuhkan nantinya untuk membuat rumah tampak menarik dan berkesan.
Orang yang dipekerjakan
Tidak hanya dalam proses membangun, tapi pada saat merenovasi rumah salah satu hal yang juga harus dipertimbangkan adalah orang-orang yang dipekerjakan. Bagaimana tidak, kualitas bangunan selain tergantung daripada material yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap kinerja para pekerja. Dengan kata lain, material yang berkualitas besar kemungkinan akan membuat bangunan yang didirikan bisa tahan lama, tapi hal tersebut juga harus dikerjakan oleh orang-orang yang profesional, dalam artian tidak neko-neko atau asal-asalan. Maka dari itu, meski merenovasi rumah hanya sebagian saja, pekerja juga tidak boleh diabaikan agar perenovasian bisa berhasil sesuai harapan.
Waktu yang pas
Seperti yang telah diketahui bahwa, baik dalam membangun maupun merenovasi rumah juga harus menentukan waktu yang tepat, di mana agar para pekerja dapat melaksanakan tugasnya dengan lancar tanpa hambatan. Bila perenovasian dilakukan di musim yang tidak mendukung seperti sering turun hujan, bukan tidak mungkin perenovasian akan terhambat dan tentunya waktu pengerjaan akan relatif lebih lama. Oleh karena itu, diperlukannya memilih waktu yang pas dalam merenovasi rumah, seperti sehabis musim hujan di mana cuaca sangat bersahabat, tidak sering hujan dan juga tidak terlalu panas. Ingat, bila waktu pengerjaan tidak dipertimbangkan secara matang, tidak menutup kemungkinan perenovasian akan terbengkalai dan tentu akan merugi.
Merenovasi rumah memang membutuhkan perhatian sedikit lebih tidak kalahnya membangun dari nol. Oleh karena itu, perlu direncanakan dengan masak-masak bila Anda ingin merenovasi rumah, termasuk keempat uraian di atas supaya tidak timbul penyesalan dan perenovasian bisa memenuhi harapan.