Latest News

Ide Praktis Menata Ruang Tamu Minimalis


Menata ruang tamu dengan gaya minimalis bisa dibilang sedikit tricky. Hanya ada dua pilihan: berhasil dan gagal. Untuk Anda yang senang dengan suasana lapang, definisi minimalis tak sebatas ruangan kosong dan sedikit perabot. Ruangan tersebut justru terasa kosong dan sepi tanpa meninggalkan ciri khas gaya.

Sebagai alternatif, ruangan Anda harus diberi identitas dengan sentuhan gaya tertentu. Untuk gambar nomor dua, gaya rustic sangat pas untuk menggambarkan ruang tamu minimalis. Sementara gambar ketiga menggambarkan model industrial yang elegan. Simak beberapa inspirasi menghadirkan gaya minimalis di ruang tamu, dikutip dari Rumah.com

Jaga ruangan tetap rapi
Membuat ruangan bebas dari barang berserakan tidak harus menjadikan Anda sebagai orang yang sibuk bersih-bersih. Cukup pastikan setiap benda punya fungsi yang penting, jika tidak maka sembunyikan di laci atau ruang tersembunyi lain. Intinya fokus saja pada barang-barang yang ingin Anda lihat di ruang tamu.

Meja kopi
Meja kopi kerap menjadi perabot utama di setiap ruang tamu minimalis. Ukurannya yang kecil dan ringan membuatnya manis sebagai tempat meletakkan barang-barang seperti mangkuk dan vas bunga. Di toko loak, Anda bisa mendapatkan meja kopi bekas dengan dilengkapi laci agar menjadi fungsional.

Dibalik gorden
Jika Anda punya laci berongga, buat salah satu bagian tertutup oleh tirai agar menjadi perabot pemisah ruangan.

Hitung Jumlah perabot
Jika Anda kerap kesulitan mengatur waktu bersih-bersih ruangan, coba beli barang yang sedikit lebih mahal untuk memberi karakter pada ruangan. Misalnya saja meja kopi atau dekorasi meja yang elegan (seperti sarung meja!). Dengan begitu, Anda bisa membuat ruangan tetap rapi meski jarang dibersihkan.

Perabot minimalis
Di tengah ruang tamu yang mengusung konsep minimalis, kehadiran perabot dengan ukuran ergonomis menjadi hal yang wajib. Untuk itu siapkan barang barang seperti sofa dan meja yang senada dengan usianya.
 
Manajemen Warna
Selain mengurangi banyak perabot, gaya minimalis juga bisa dihadirkan dengan pemilihan warna yang tepat. Contoh gambar di atas menjadi ilustrasi ruang tamu dengan sedikit kombinasi warna. Agar lebih aman, pilih warna netral seperti hitam, putih dan putih. Tapi jangan takut bermain sedikit warna warni dengan sentuhan warna terang. Asalkan Anda hanya memilih satu warna misalnya merah atau ungu dan menghilangkan warna lain di ruangan. Karena Anda harus fokus pada satu skema warna dan gaya yang sudah dipilih.

Mencari inspirasi
Gaya yang bisa dicontek untuk menghasilkan kesan minimalis ialah Skandinavia. Seperti gambar nomor empat dan lima, dominasi warna putih yang berpadu dengan perabot kayu memberi kehangatan pada ruangan. Untuk kesan segar Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman seperti gambar nomor 6.

Benda hias
Punya ruang tamu minimalis bukan berarti Anda tak bisa menambahkan beberapa aksesoris kecil sebagai pemanis. Coba tambahkan 1-3 pajangan yang senada dan memperkuat karakter pada ruangan. Cara lain untuk menghias ruangan bisa juga dengan menambah beberapa tekstur dekorasi seperti bantal dengan sarung bermotif, tanaman hijau, aksen dinding (wallpaper), atau bahkan pencahayaan yang pas.

Sumber