Latest News

Tips Menata Rumah Kecil Minimalis Agar Terlihat Luas

Pada dasarnya rumah yang besar banyak memberikan keleluasaan dalam menata rumah anda supaya lebih terasa enak dan nyaman ditempati. Namun pada umumnya sekarang banyak orang yang memilih bentuk rumah minimalis dan sederhana karena sangat terbatasnya lahan yang digunakan untuk membangun rumah. jadi tidak semua orang beruntuk untuk memiliki rumah yang sangat luas dan besar. Tapi untuk anda yang memiliki rumah minimalis tidak perlu canggung ataupun malu karena sekarang banyak cara yang bisa menjadikan rumah minimalis anda terlihat lebih luas dan pastinya nyaman untuk dihuni keluarga anda.

Disini akan saya kupas beberapa tips menata rumah kecil minimalis agar terlihat luas :


1.    Hindari cat rumah berwarna putih jika ...

Masyarakat luas banyak yang beranggapan bahwa dengan memberikan cat rumah berwarna putih akan membuat rumah tampak sejuk dan luas, padahal banyak para desainer interior mengatakan bahwa cat yang putih jika tidak tepat penggunaan justru membuat kesan ruangan lebih terlihat sempit. Seorang desainer interior menjelaskan bahwa jika penerangan yang ada pada rumah anda redup dan dinding anda berwarna putih maka akan ada suatu bayangan yang menyebabkan ruangan anda terlihat suram dan kotor. Jadi banyak saran yang mengatakan untuk lebih menggunakan cat dinding berwarna lain supaya bayangannya sejelas cat putih dan itulah yang membuat rumah terlihat lebih besar dan suasanya lebih nyaman. Pada rumah kecil, saya sarankan penerangan yang cukup, jangan sampai suram, karena akan membuat ruangan terasa kecil.

2.    Penambahan Cermin

kesan luas dengan penambahan cermin di kamar
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika adanya cermin didalam ruangan akan dapat membuka ruang baru, cermin juga digunakan sebagai pemantul cahaya lampu jadi cahaya yang alami akan dihasilkan oleh adanya cermin tersebut. Untuk mendapatkan ruangan yang baru didalam ruang yang sangat kecil anda bisa meletakkan cermin yang besar pada sudut ruangan atau bisa juga pada belakang satu furnitur.

3.    Perabotan Pemantul Cahaya

Jika anda tidak suka akan adanya cermin besar pada rumah anda, anda dapat menggunakan furnitur atau perabotan rumah tangga yang bisa juga merefleksikan objek ataupun cahaya didepan furnitur tersebut. Perlengkapan rumah berjenis vas bunga yang berbahan stainless steel atau pajangan alumunium juga bisa membuat efek yang sama yaitu sebagai pembuka ruang baru. Dengan adanya cahaya yang cukup pada ruangan itu adalah kunci utama agar ruangan terlihat lebih terang dan juga terkesan besar. anda bisa menggunakan benda yang permukaannya dapat merefleksikan objek contohnya seperti gelas atau kaca. Benda - Benda tersebut tidak hanya merefleksikan objek dan cahaya namun bisa juga membuat ruangan anda terlihat lebih ringan.

4.    Memperhatikan Pengecatan Langit  Langit

Banyak yang menyarankan untuk mengecat langit - langit dengan warna yang sama atau bisa juga warna yang lebih terang satu tingkat dari dinding rumah. Jika cat warna dinding dan langit - langit anda terlalu kontras maka ruangan akan nampak seperti terbelah.

5.    Penempatan furnitur besar

Lebih baik anda meletakkan furniture yang besar tapi satu berada di rumah anda karena akan terlihat lebih luas daripada anda harus meletakkan furnitur yang kecil - kecil tapi banyak. Satu karpet besar, satu lampu gantung besar dan bahkan dengan satu cermin besar akan membuat ruangan dalam rumah anda terlihat lebih luas daripada perabotan yang berukuran kecil. semakin sedikit perabotan yang ada pada rumah anda akan lebih baik dan anda juga tidak perlu susah payah jika bosan ingin mengganti desain rumah karena perabotannya jumlahnya cuma sedikit.

6.    Gambar lukisan yang besar

Jika ada tamu yang sedang bertamu pada rumah anda buatlah mereka fokus pada satu titik yang cukup menonjol. anda bisa meletakkan lukisan yang besar dengan gambar yang indah dan unik karena dengan begitu akan mengalihkan perhatian tamu yang berkunjung terhadap keadaan rumah anda yang sempit sekaligus dapat membuat ruangan lebih menarik

Itulah artikel yang bisa saya buat dengan judul tips menata rumah kecil minimalis agar terlihat luas, semoga bisa membantu anda sebagai bahan referensi anda yang mempunyai rumah kecil.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber